Mempertimbangkan Fleksibilitas Tempat Kerja Bagi Pegawai Penyandang Disabilitas

Ketika kalian melihat informasi lowongan kerja di sosial media, beberapa diantaranya memberikan terobosan berupa jalur khusus bagi para penyandang disabilitas. Meskipun masih sangat sedikit perusahaan yang bersedia untuk menerapkan langkah tersebut, bagi para penyandang disabilitas kesempatan tersebut merupakan kesempatan yang sangat berharga. Dengan adanya jalur khusus bagi mereka dalam proses rekrutmen pegawai, mereka akan merasa memiliki peluang lebih. Namun, yang terpenting yaitu memastikan bahwa perusahaan tersebut telah mempersiapkan lingkungan kerja yang siap menerima atau ramah ketika mereka telah diberikan statu sebagai pegawai.

Banyak sekali manfaat dari lingkungan kerja yang inklusif terhadap kinera perusahaan. Dalam hal ini, perusahaan senantiasa berupaya untuk menjaga agar setiap pegawai dapat bekerja secara nyaman dan produktif. Upaya tersebut juga perlu didukung oleh semua pegawai dengan menciptakan budaya yang inklusif pula, termasuk setiap pegawai juga perlu mengetahui bagaimana berkomunikasi dengan pegawai lainnya yang memiliki latarbelakang yang berbeda-beda dengan baik. Tentu bukan tugas mudah untuk mewujudkan lingkungan dan budaya kerja inklusif. Namun, jika seluruh pihak saling memiliki kesadaran tinggi untuk mewujudkannya, merealisasikan visi teresebut bukanlah hal yang mustahil.

Perusahaan-perusahaan besar seperti MetLife dan Mariott International merupakan perusahaan yang memiliki visi tersebut. Bahkan mereka memiliki tim khusus untuk mewujudkan visi perusahaan tersebut. Kampanye-kampanye tentang keberagaman di lingkungan perusahaan setiap tahun dirilis untuk meningkatkan kesadaran setiap pegawai untuk bersama-sama mewujudkan budaya inklusif. Dalam beberapa berita, mereka mengklaim bahwa program-program yang dirancang tersebut memberikan dampak positifi bagi kinerja perusahaan.

Lingkungan kerja yang fleksibel membantu kalian untuk berpikir secara kreatif dan membentuk budaya bekerja yang menyesuaikan individu dengan kebutuhan perusahaan. Memiliki lingkungan kerja yang fleksibel akan membantu kalian untuk dapat melibatkan orang-orang dengan beragam latar belakang, termasuk para penyandang disabilitas. Misalnya, seorang pegawai dengan keterbatasan khusus dapat berobat sehingga dapat mengurangi dampak negatif terhadap kinerjanya di kantor. Dengan memberikan waktu yang lebih fleksibel, dia dapat menentukan waktu bekerja terbaik sehingga dia dapat selalu memiliki dedikasi yang tinggi bagi perusahaan.

About the Author